Biru Langit Hancurkan Burnley 5 Gol Tanpa Balas

Manchester - Manchester City meraih kemenangan telak saat menjamu Burnley dalam lanjutan Liga Inggris. City menang 5-0 untuk merebut kembali puncak klasemen dari Chelsea.


Dalam pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (20/10/2018) malam WIB, City tampil begitu dominan. Dalam catatan BBC, City melepaskan 24 tembakan, 10 di antaranya mengarah ke gawang.

Setelah hanya bikin satu gol di babak pertama lewat sepakan Sergio Aguero, City menjebol gawang Burnley empat kali di paruh kedua. Keempat gol City di babak kedua diciptakan oleh empat pemain berbeda.

Bernardo Silva dan Fernandinho mencetak gol dalam waktu berdekatan untuk membawa City unggul 3-0. Di menit-menit akhir, giliran Riyad Mahrez dan Leroy Sane yang mencatatkan namanya di papan skor untuk memantapkan kemenangan City.

Dengan kemenangan ini, City yang sempat tergeser dari puncak klasemen oleh Chelsea kembali ke posisi teratas. Tim arahan Pep Guardiola itu mengumpulkan 23 poin dari sembilan laga, unggul dua angka atas Chelsea. Sementara itu, Burnley masih tertahan dengan delapan poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan tak sampai satu menit, Vincent Kompany sudah mendapat kartu kuning karena melakukan pelanggaran terhadap Aaron Lennon. Dari tendangan bebas yang didapat, Sam Vokes menanduk bola namun masih melayang di atas mistar gawang.

Manchester City gantian memberi ancaman saat laga memasuki menit keempat. Riyad Mahrez melepaskan umpan lambung ke kotak penalti. Sergio Aguero yang luput dari kawalan lini belakang Burnley dengan leluasa menyundul bola. Namun upaya Aguero masih menyamping dari gawang kendati Joe Hart sudah mati langkah.

Aksi Mahrez kembali menghasilkan peluang untuk City. Umpan silang yang ia lepaskan diteruskan oleh Aguero yang ada di depan gawang. Hart memblok bola dan menghasilkan sepak pojok untuk City.

City akhirnya membuka keunggulan di menit ke-17. Setelah bekerja sama dengan Leroy Sane, David Silva yang bergerak di sisi kiri kotak penalti melepaskan umpan yang dituntaskan dengan sempurna oleh Aguero dengan sepakan kaki kiri.

City terus mendominasi permainan. Aguero menggiring bola dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tendangan Aguero diblok bek Burnley dan bola muntah disambar David Silva, tapi melambung di atas gawang.

Burnley bukan tanpa perlawanan. Johann Berg Gudmundsson mencoba melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti, tapi masih melebar dari gawang Ederson.

City nyaris mencetak gol kedua di masa injury time. Umpan silang Bernardo Silva disundul oleh David Silva yang ada di kotak penalti. Hart melakukan penyelamatan dengan satu tangan dan bola mengarah ke Aguero yang ada di dekat gawang. Namun, Aguero tak mampu memaksimalkan bola muntah karena tendangannya dari sudut sempit jauh dari sasaran.

City melanjutkan dominasinya di babak kedua. Tuan rumah akhirnya mencetak gol kedua di menit ke-54.

Gol ini tercipta dari situasi yang cukup aneh. Sane yang terjatuh di kotak penalti mengklaim dapat pelanggaran namun diabaikan wasit. Saat para pemain Burnley berhenti bermain dan melihat kepada wasit, bola yang nyaris keluar dikejar oleh David Silva. 

Gelandang Spanyol itu langsung mengoper bola kepada Bernardo Silva yang ada di depan gawang. Bernardo dengan sempurna menuntaskan peluang untuk menggandakan keunggulan City.

Dua menit berselang, City menambah gol lagi. Bola tendangan sudut Sane yang dihalau pemain Burnley mengarah ke Fernandinho yang ada di luar kotak penalti. Pemain asal Brasil itu langsung melepaskan tembakan keras untuk menjebol gawang Burnley.

Di menit ke-58, Kevin De Bruyne akhirnya kembali merumput usai menepi dalam 10 laga terakhir karena cedera. Gelandang internasional Belgia itu nyaris memberi dampak instan dengan memberi umpan terobosan jitu kepada Mahrez. Namun tendangan Mahrez masih bisa diamankan oleh Hart.

Hart kembali menggagalkan peluang City . Kali ini dia menepis tembakan Aguero.

City semakin membuat Burnley terbenam usai Mahrez mencetak gol keempat tuan rumah di menit ke-83. Mahrez melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti dengan kaki kiri. Bola mengarah ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dijangkau Hart.

John Stones nyaris melakukan blunder setelah melepaskan backpass buruk kepada Ederson. Beruntung bagi City, Ederson dengan cepat mengamankan bola dengan memblok sepakan Sam Vokes.

Sane memantapkan kemenangan City menjadi 5-0. Sane mencetak gol di menit ke-90 setelah menuntaskan umpan dari Benjamin Mendy. Umpan Mendy dari sisi kiri diteruskan Sane yang ada di depan gawang.

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson, Kompany, Stones, Laporte, Mahrez, Fernandinho, Silva (Foden 75'), Mendy, Bernardo Silva (De Bruyne 58'), Sane, Aguero (Jesus 68')

Burnley: Hart, Lowton, Tarkowski, Mee, Taylor, Gudmundsson, Defour (Barnes 75'), Cork, Lennon (Westwood 69'), Hendrick, Vokes (Wood 69')

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CR7 Kalahkan Neymar & Salah

Messi Jadi Raja Hat-trick Liga Champions

Harinya Giroud